TIPS KOHAR NINJA, PORTING SEMBURKAN POWER 41 DK
Kata Husni rahasia korekan mesin 2 nada ada di area porting lubang – lubang disilinder blok Ninja, khusunya area port exhaust. Masih ada hubungannya dengan ‘hahaha..’alias ketawa, modelnya dibikin macam mulut sampeyan yang lagi senyum itu. Coba sampean pantengin gambar diatas dah ! ” Tinggi eksos 31 mm diukur dari blok bagian atas. Lebarnya dibikin 41 mm “. Urai lajang asal Lumajang Jatim itu. Sementara lubang super kips diangkat jadi 27 mm dan transfernya 42,5 mm.
Tak lupur deasin chamber alias ruang bakar juga ditata ulang. ” Head dipapas 0,8 mm dengan lebar squish 5, kemiringan atau sudtnya 12 derajat dan nat 0,3 mm “. Lanjut Husni semabri bilang kruk asnya dibalancing ulang serta ditambal almu. Begitu juga dengan crankcasenya juga ditambal pake lem tahan panas agar kompresi primernya makin padat. Efeknya jelas bikin torsinya meningkat.
Jalur bahan bakar sudah lancar jaya, maka butuh pengabut bahan bakar yang mumpuni. Maka karbu asli dilengserkan, gantinya cangkok karbu PWK 28 mm. Satu lagi yang krusial dalam urusan korek mengorek mesin 2 tak adalah pemilihan pipa pelepas gas buang atawa knalpot. Kebetulan si Husni juga diwejangi elmu soal hitung – hitungan untuk mendesain knalpot. Makanya langsung diterapkan pada knalpot baru made in R.A.T yang mampu menyumbang power yang lumayan gede.
Dannn…begitu mesin hidup langsung riset berlanjut ke meja dyno. Hasilnya ?? ” Power ketemu 41 dk pada 13.000 RPM “. Yakin Swega yang senyum mulu lantaran anak didiknya sudah pinter bikin motor banter. Ayo ketawa bareng-bareng boss..hahaha… R15
- DATA MODIFIKASI
Motor : Kawasaki Ninja RR Piston : Standart
Head : papas 0,8 mm,
Tinggi exhaust : 31 mm, lebar 41 mm
Transfer : naik 42,5 mm
Squish : 12 derajat, lebar 5 mm
Karbu : PWK 28 mm
Spuyer : main jet ; 145, pilot jet ; 55
Kampas kopling : Scorpio per CMS
Pengapian : Standart
Komentar
Posting Komentar